Definisi Invoice dan Apa saja Jenis – Jenis Invoice? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Supaya transaksi bisnis dapat berjalan dengan baik, tidak hanya meningkatkan jumlah penjualan saja, tapi juga melengkapi dengan dokumen – dokumen pendukung. Salah satu dokumen pendukung dalam transaksi bisnis adalah invoice.

Invoice adalah dokumen penting yang wajib dipersiapkan oleh pihak penjual atau perusahaan. Invoice wajib bagi perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Baik perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun perusahaan yang menjual produk berupa barang.

Penting dipersiapkan oleh perusahaan, jadi apa itu invoice? Invoice adalah sebagaimana dijelaskan pada sub bab berikut ini.

Definisi Invoice adalah

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/259942209714813778/?lp=true

Invoice adalah dokumen penting yang diterbitkan oleh perusahaan sebagai pihak penjual kepada pihak pembeli atas transaksi yang sudah terjadi. Biasanya, transaksi yang terjadi ketika dikeluarkannya invoice adalah transaksi kredit. Dimana, penjual mengirimkan terlebih dahulu produk – produk yang telah dipesan oleh pembeli, baru kemudian pembeli membayarkan tagihan atas pesanan tersebut.

Invoice adalah dokumen yang penting, karena dengan invoice perusahaan dapat melakukan tagihan kepada pembeli apabila pembeli lalai dalam melakukan pembayaran ketika sudah jatuh waktu tempo. Lebih dari itu, invoice adalah dokumen yang dapat melindungi perusahaan secara hukum apabila pembeli tidak mau membayar produk yang sudah dipesan dan dikirim, sehingga penjual berhak menuntut pembeli.

Invoice umumnya dibuat menjadi tiga rangkap, dimana tiap lembar invoice diberikan kepada pihak – pihak yang berkepentingan. Diantaranya kepada bagian keuangan, kepada bagian penjualan, serta kepada pembeli. Dimana invoice yang diterima masing – masing pihak tersebut memiliki fungsi masing – masing.

Fungsi Invoice adalah

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/group-multiethnic-busy-people-working-office_1203198.htm

Seperti telah disinggung sebelumnya, invoice memiliki fungsi tertentu tergantung pada pihak yang memilikiknya. Untuk bagian penjualan atau perusahaan, invoice berfungsi sebagai arsip data transaksi yang telah terjadi di perusahaan. Selain itu bagi pihak perusahaan, fungsi invoice adalah sebagai dokumen penagihan atas transaksi yang telah terjadi kepada pembeli.

Di bagian keuangan, invoice memiliki fungsi yang lain lagi. Bagi bagian keuangan, fungsi invoice adalah sebagai referensi ketika akan melakukan pembukuan arus keuangan perusahaan. Selain itu, invoice juga dapat dijadikan faktur pajak di kondisi tertentu.

Sementara bagi pembeli, fungsi invoice adalah sebagai dokumen yang menjelaskan mengenai daftar produk yang dibeli serta jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Fungsi lain yaitu sebagai dokumen yang dapat digunakan untuk mengajukan klaim asuransi dan komplain apabila produk pesanan dan tagihan tidak sesuai.

Jenis – Jenis Invoice adalah

Dalam praktik bisnis, invoice terdiri dari tiga jenis yang berbeda. Dimana perbedaan ini berdasarkan atas transaksi yang terjadi. Jenis – jenis invoice adalah sebagai berikut:

1.     Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang digunakan dalam transaksi umum sehari – hari. Di dalamnya memuat informasi sederhana mengenai rincian pesanan oleh pembeli, harga per item, jumlah harga yang harus dibayarkan, serta keterangan pendukung lainnya.

2.     Invoice Konsuler

Layaknya invoice biasa, invoice konsuler adalah bukti transaksi kredit antara penjual dan pembeli. Yang membedakan adalah aktivitas dalam transaksi, dimana invoice konsuler dilakukan hanya untuk transaksi ekspor impor. Lebih lengkap lagi, di dalam invoice konsuler terdapat kolom pengesahan yang harus ditandatangani oleh kedutaan negara pengekspor serta mendapat izin dari negara pengimpor.

3.     Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang digunakan apabila produk yang dikirim dilakukan secara bertahap. Setelah produk dikirim semua kepada pembeli, maka invoice proforma ini akan diganti dengan invoice biasa. Sehingga, invoice proforma juga disebut sebagai invoice sementara.

Demikian definisi invoice serta apa saja jenis invoice, sehingga para pelaku bisnis dapat menyesuaikan jenis invoice dengan transaksi yang sedang dilakukan.

 

 

Leave a Comment